Visi dan Misi

VISI, MISI DAN TUJUAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MERCU BUANA

 

Visi

“Menjadi Fakultas Pengelola Program Studi Yang Mampu Menghasilkan Sarjana Maupun Tenaga Vokasi Yang Profesional, Unggul, Dan Terkemuka Dalam Persaingan Global Pada Tahun 2024”

Misi 

  1. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi:
    1. Pendidikan dan Pengajaran, pelaksanaan pendidikan dan pengajaran berdasarkan pada acuan Kurikulum Berbasis Komptensi (KBK).
    2. Penelitian, pelaksanaan penelitian didasarkan pada road map penelitian bidang Akuntansi dan Manajemen yang telah ditetapkan oleh Fakultas dengan berkoordinasi dengan Pusat Penelitian (Puslit) dan Ketua Kelompok Riset (KKR).
    3. Pengabdian masyarakat, pelaksanaan pengabdian masyarakat didasarkan pada rancangan operasional tahunan/MKP yang telah ditetapkan oleh Universitas dengan berkoordinasi Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM).
  2. Menerapkan Manajemen Pendidikan Tinggi dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan Industri dan Kemitraan untuk merespon perubahan daya saing global.
  3. Mengembangkan kompetensi dan jiwa kewirausahaan serta etika profesional kepada para mahasiswa dan staf, yang diselaraskan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan

  1. Mewujudkan Program studi yang mampu menghasilkan lulusan yang Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian tinggi serta profesional di bidang manajemen dan akuntansi dan memenuhi kualitas yang diharapkan.
  2. Mewujudkan Program studi yang mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas, yang bertujuan mengembangkan kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak berdasarkan prinsip transparansi dan akuntabilitas
  3. Mewujudkan Program studi yang mampu meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga lulusan mampu melakukan koordinasi dan komunikasi lintas disiplin ilmu untuk pengembangan diri sesuai dengan dinamika pasar global.
  4. Mewujudkan Program studi yang bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi, maupun masalah yang dihadapi khususnya yang berkaitan dengan ilmu manajemen dan akuntansi. Baik strata satu maupun
=====================================================================================
VISI, MISI DAN TUJUAN
PROGRAM STUDI S-1 AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Visi

Menjadi Program Studi Unggul dan Terkemuka di Indonesia Untuk Menghasilkan Tenaga Profesional Dibidang Digital Akuntansi Keuangan dan Perpajakan Pada UMKM dan Industri yang Berwawasan Global Pada Tahun 2024”.

Misi

  1. Melaksanakan program kegiatan Tridharma dengan mengkhususkan diri pada bidang dibidang Digital Akuntansi Keuangan dan Perpajakan.
  2. Menjalankan kegiatan pembelajaran yang didukung oleh kurikulum yang dirancang dengan sejumlah pertimbangan yang berasal dari pengguna lulusan, pakar akuntasi, asosiasi profesi, dan seluruh stakeholders yang terkait.
  3. Membangun budaya akademik dengan program kegiatan terkait pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dengan dukungan sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia yang kompeten di bidangnya.
  5. Membangun kerjasama secara internal (antar unit pelaksana akademik di lingkungan UMB) dan eksternal (industri, asosiasi, dan lembaga lainnya yang terkait erat bidang akuntansi).

TUJUAN

Tujuan Program studi dirumuskan dengan berdasar pada visi dan misi serta tuntutan perubahan  pada profesi akuntansi seperti yang dirumuskan oleh IFAC dan IAI KAPd mengikuti Peraturan Presiden No.8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Profil Lulusan

Adapun profil lulusan Program Studi S1 Akuntansi dijelaskan secara rinci sebagai berikut:

  1. Konsultan Pajak

Untuk mewujudkan profil lulusan sebagai seorang akuntan pajak, Program Studi S1 Akuntansi memberikan bekal pengetahuan maupun keterampilan yang menyangkut:

  • Peraturan perpajakan terupdate, peraturan ini diperlukan agar akuntan pajak mampu melaksanakan pekerjaan sebagai akuntan pajak pada perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional.
  • Etika profesi akuntan pajak, materi ini diperlukan agar akuntan pajak mampu tampil sebagai seorang yang profesional dalam lingkungan dimana yang bersangkutan melaksanakan profesinya.
  • Penguasaan komunikasi atau hubungan, keterampilan ini diberikan agar akuntan pajak yang bersangkutan mampu melakukan kerja sama dalam menyelesaikan tugasnya sebagai penyaji informasi perpajakan kepada berbagai macam stakeholder.
  • Penguasaan regulasi, materi ini diberikan kepada akuntan pajak agar memberikan jasanya senantiasa dalam koridor hukum.
  • Praktek berbagai industri, materi ini diberikan untuk memberi pengalaman nyata kepada mahasiswa sebagai calon akuntan pajak tentang praktik-praktik dalam dunia industri.
  1. Akuntan keuangan

Untuk mewujudkan profil lulusan sebagai seorang akuntan keuangan Program Studi S1 Akuntansi memberikan bekal pengetahuan maupun keterampilan yang menyangkut:

  • Standar akuntansi keuangan ini diberikan kepada mahasiswa untuk memahami aturan-aturan terkait dengan penyajian laporan keuangan yang memenuhi standar yang berlaku umum.
  • Standar akuntansi keuangan ETAP ini diberikan kepada mahasiswa untuk memahami aturan-aturan terkait dengan penyajian laporan keuangan yang memenuhi standar yang berlaku umum khusus untuk entitas yang tidak memerlukan pertanggung jawaban publik (UMKM)
  • Standar akuntansi keuangan syariah ini diberikan kepada mahasiswa untuk memahami aturan-aturan terkait dengan penyajian laporan keuangan untuk lembaga keuangan syariah yang memenuhi standar syariat islam.
  • Standar akuntansi sektor publik ini diberikan kepada mahasiswa untuk memahami aturan-aturan terkait dengan penyajian laporan keuangan untuk sektor publik yang memenuhi standar yang berlaku umum (SPAP)
  • Akuntansi pajak materi ini diberikan kepada mahasiswa agar mampu menyajikan laporan keuangan Fiskal sesuai dengan aturan perundang-undangan perpajakan.